BERBAGI

Nama-nama maskapai penerbangan Indonesia tahun 2018 dan masih aktif melakukan pengangkutan penumpang dan barang diberbagai rute daerah di Indonesia.

Nama-nama maskapai penerbangan Indonesia tahun 2018

Maskapai Penerbangan yang kita gunakan untuk melakukan perjalanan antar kota maupun Negara umumnya adalah Maskapai Penerbangan Niaga Berjadwal, yaitu Maskapai Penerbangan yang melayani rute penerbangan tertentu secara tetap dan teratur. Beberapa Maskapai Penerbangan yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah :

GARUDA INDONESIA

Maskapai penerbangan Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai nasional Indonesia dan terbesar (pesawat 100+, 50 rute) di antara semua maskapai penerbangan yang beroperasi di negara tersebut. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1949 dan sejak itu telah membangun reputasi untuk memberikan tarif moderat dan tingkat pelayanan yang lebih tinggi dibanding perusahaan penerbangan Indonesia lainnya. Konsep baru dari layanan (“The Garuda Indonesia Experience”) mencakup aspek budaya Indonesia, masakan dan perhotelan.

CITILINK

Maskapai penerbangan Indonesia
Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia bertarif rendah dan menyediakan layanan antar-jemput murah di antara 10 kota utama di Indonesia. Sebuah rencana bisnis baru yang akan diperkenalkan Citilink pada tahun 2012 adalah sebagai entitas bisnis yang terpisah dan menambah armada sampai dengan 40 pesawat. Maskapai ini memiliki ambisi untuk menjadi maskapai daerah dengan biaya yang signifikan rendah dengan antisipasi dari 8 juta penumpang pada tahun 2013 dan rute domestik dan internasional yang baru.

LION AIR

Maskapai penerbangan Indonesia
Lion Air merupakan maskapai swasta terbesar Indonesia, berpusat di Jakarta. LionAir menjadi bagian populer karena keagresifanya, tetapi memiliki struktur harga yang fleksibel. Saat ini Lion Air memiliki 60 armada pesawat yang beroperasi (dengan perkiraan usia armada 6,8 tahun) dan 230 masih dalam pemesanan. Armada Lion Air melayani penerbangan 3300 seminggu untuk 36 tujuan – baik domestik dan internasional.

WINGS AIR

Maskapai penerbangan Indonesia

Wings Abadi Airlines (dikenal sebagai Wings Air) adalah anak perusahaan Lion Air dengan pusat operasi yang terletak di bandara Jakarta. Wings Air didirikan oleh Lion Air pada tahun 2003 dan beroperasi pada rute yang lebih pendek / kurang populer menggunakan pesawat lebih kecil ATR72-500. Wings Air menggunakan sistem pemesanan dan kode penerbangan yang sama seperti Lion Air, dari sudut pandang penumpang perbedaan antara dua maskapai penerbangan tidaklah penting.

Baca Juga  PSPP Penerbangan Yogyakarta

BATIK AIR

Maskapai penerbangan Indonesia

Batik Air adalah maskapai penerbangan jarak jauh. yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air dengan layanan penuh, dirancang untuk mengakomodasi permintaan penumpang kelas menengah sampai kelas atas yang mendukung layanan premium. Batik Air adalah maskapai penerbangan ketiga dari Lion Air Group setelah Lion Air dan Wings Air. Batik Air berbasis di Manado, sebuah kota di pulau Sulawesi, Indonesia.

NAM AIR

Maskapai penerbangan Indonesia

NAM Air adalah maskapai penerbangan Indonesia yang didirikan pada tahun 2013. Maskapai penerbangan ini adalah anak perusahaan dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Maskapai penerbangan ini merupakan maskapai pengumpan di kelas medium dengan mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 Winglet dengan konfigurasi 120 kursi (8 kelas bisnis dan 112 kelas ekonomi) dan pesawat ATR 72-600 dengan 72 kursi kelas ekonomi.

MALINDO AIRWAYS

Maskapai penerbangan Indonesia

Malindo Airways adalah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Malaysia. Maskapai ini merupakan perusahaan patungan antara Malaysia National Aerospace and Defence Industries (NADI) (51%) dan Lion Air dari Indonesia (49%). Nama ‘Malindo’ berasal dari nama negara masing-masing: Malaysia dan Indonesia. Perusahaan Induk Malindo Air, Lion Air akan memulainya dengan 12 pesawat Boeing 737-900ER.

AIR ASIA

Maskapai penerbangan Indonesia

Air Asia merupakan maskapai penerbangan Malaysia bertarif rendah. Air Asia Indonesia merupakan asosiasi perusahaan pengangkut yang mengoperasikan jadwal layanan domestik dan internasional di Indonesia. Memiliki 22 armada pesawat dan terbang ke 13 tujuan, AirAsia Indonesia merupakan salah satu pemeran terbesar di pasar penerbangan domestik. Maskapai ini terdaftar dalam kategori 1 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan dan diakui oleh Uni Eropa.

SRIWIJAYA AIR

Maskapai penerbangan Indonesia

Sriwijaya Air merupakan sebuah maskapai penerbangan Indonesia yang berpusat di Jakarta. Menguasai sekitar 12% dari pasar penerbangan domestik Indonesia, mengoperasikan penerbangan ke 35 tujuan lokal (dan 2 internasional – Penang dan Singapura). Dalam hal keamanan dan layanan, Sriwijaya Air adalah satu-satunya maskapai penerbangan Indonesia yang beroperasi dan memelihara pesawat tanpa kecelakaan fatal.

Baca Juga  Pramugari Indonesia

SKY AVIATION

Maskapai penerbangan Indonesia

Sky Aviation merupakan sebuah maskapai penerbangan regional yang berpusat di Indonesia. Didirikan pada tahun 2010, Sky Aviation secara bertahap memperluas layanan dengan menawarkan penerbangan antara tujuan yang kurang populer di Jawa Timur, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau. Beberapa dari 14 rute yang di tawarkan adalah khusus, termasuk tujuan yang belum diterbangkan oleh maskapai lain.

TRANSNUSA AIR SERVICE

Maskapai penerbangan Indonesia

TransNusa Air Services adalah sebuah maskapai penerbangan domestik Indonesia yang melayani penerbangan di Bali, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi bagian selatan. Didirikan pada tahun 2005, dengan pusat utama di Kupang. TransNusa Air secara teratur membawa penumpang ke 15 tujuan yang berbeda. Dengan melayani rute kurang populer adalah cara untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh maskapai penerbangan besar – misalnya, TransNusa terbang tiga kali sehari antara Bali dan Lombok.

TRIGANA AIR SERVICE

Maskapai penerbangan Indonesia

Trigana Air Service adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Jakarta, Indonesia. Maskapai ini didirikan dan mulai beroperasi pada awal 1991. Sekarang, secara teratur melayani rute dari Jakarta ke 40 tujuan yang berbeda, mengoperasikan 18 armada pesawat. Tiket tersedia di beberapa agen perjalanan dan kantor penjualan di Indonesia.

XPRESS AIR

Maskapai penerbangan Indonesia

Xpress Air atau sebelumnya bernama Express Air adalah maskapai penerbangan Indonesia yang melayani penerbangan reguler domestik dengan layanan kelas Premium. Maskapai berslogan “Terbanglah Indonesia” ini melayani khususnya rute ke daerah timur Indonesia. Xpress Air pertama kali beroperasi pada tahun 2003 melayani rute antara Jakarta dan Jayapura.

SUSI AIR

Maskapai penerbangan Indonesia

Susi Air (PT ASI Pujiastuti Aviation) merupakan sebuah maskapai penerbangan terjadwal dan charter yang berpusat di Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Didirikan pada tahun 2004, Susi Air saat ini beroperasi dari 4 pusat utama di seluruh Indonesia (Jakarta, Medan, Balikpapan, Sentani) melayani hampir 40 tujuan domestik dengan 37 armada pesawat.

Demikian beberapa diantaranya maskapai penerbangan yang beroprasi di Indonesia. Dalam hal ini semua maskapai tentunya didukung oleh para personil masing-masing, yang telah memenuhi kompetensi dibidangnya. Diantaranya avsec, pramugari dan staff penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here