Beranda Sekolah Pramugari staff penerbangan atau ground handling

staff penerbangan atau ground handling

1486
0
BERBAGI

Staff Penerbangan adalah personil yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada passanger baik pelayanan sebelum keberangkatan (Pre Flight Service) maupun Pelayanan sesudah penerbangan (After Flight Service). Ada beberapa bagian dari pelayanan staff penerbangan, diant+aranya check-in counter dan boarding gate. Berikut pelayanan dan ketentuan staff penerbangan bagian check-in counter dan boarding gate.

Staff Penerbangan

Pelayanan staff penerbangan bagian Staff Penerbangan adalah dan boarding pass  beserta ketentuannya

Hal pertama yang dilakukan penumpang ketika tiba di bandara adalah menuju ke check – in counter dengan membawa tiket beserta barang bawaannya. Setelah memeriksa tiket, staff penerbangan bagian check – in counter akan menimbang bagasi untuk melihat apakah ada kelebihan berat atau tidak. Bila lebih Pelayanan staff penerbangan akan memberikan excess baggage tiket sebagai tanda bukti pembayaran kelebihan itu. Setelah proses ini selesai, ia akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim tag, serta mengembalikan sisa tiket ( cover tiket ). Kemudia penumpang diarahkan menuju ke pemeriksaan imigrasi, lalu ke boarding gate untuk menunggu boarding time.

Hal-hal yang perlu di persiapkan petugas check-in counter diantaranya:

• Passenger manifest ( passenger name list )
• Boarding pass ( untuk manual )
• Baggage claim tag
• Label / tag lainnya, seperti security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, chacked baggage tag, dsb.
• Excess baggage ticket
• Seat allocation untuk special seat
• From passenger baggage weight sheet
• From passenger transfer message
• Limited release tag

Ketentuan yang harus diperhatikan petugas check-in counter:

• Penampilan harus rapi, murah senyum, dan ramah.
• Harus mengetahui tata car check – in, antara lain :
– Bagaimana cara memeriksa tiket, passport, visa, surat kesehatan
– Cara mempersiapkan boarding pass
– Cara mempersiapkan baggage claim tag
– Cara membaca PNR atau PNL
– Cara membuat excess baggage tiket seandainya penumpang mempunyai kelebihan berat atas bagasinya
– Cara membaca buku TIM, ABC guide, TIMATIC ( travel information automatic )

Baca Juga  Syarat dan Cara Jadi Pramugari Garuda Indonesia

Untuk memaksimalkan pelayanan staff penerbangan bagian boarding gate terbagi di dua bagian, yaitu:

pesawat narrow body

  1. staff front desk
  2. staff monitor system
  3. staff check gate
  4. staff hand counter

pesawat wide body

  1. staff front desk
  2. staff monitor system
  3. staff check gate kiri dan kanan
  4. staff hand counter
  5. staff mobile

KEGIATAN YANG DI LAKUKAN STAFF BOARDING GATE

1 STAFF FRON DESK

·  PETUGAS FRONT DESK HARUS MENGECHECK NAMA PENUMPANG HARUS SESUAI  DENGAN KTP MAUPUN PASSPORT
·  STAFF HARUS MENGECHECK PAX TRANSIT MAUPUN JOINING UNTUK MENGHINDARI AIRPORT TAX JANGAN SAMPAI LOLOS
· STAFF HARUS MENCATAT SEAT PAX UNTUK PENYESUAIAN SEAT PLAN
· STAFF HARUS MEMBERIKAN STICKER PADA BOARDING PASS PAX
Petugas ini pertama kali ditemui sewaktu digate,karena berada didepan pintu gatenya. Pertama petugas ini harus mengucapakan salam terlebih dahulu lalu meminta dokumennyauntuk diperiksa ulang setelah tadi diperiksa oleh petugas check-in, apakah kartu imigrasi sudah mendapatkan cap dari petugas imigrai atau belum dan menstepless kartu imigrasi dengan boerding passnya sambil mewawancarai penumpang.

2.STAFF MONITOR SYSTEM
·  HARUS MEMBUKA SYSTEM
· MEMBUAT PIS DAN MENGELUARKAN PRA GENDEC
· HARUS MENCHECK SYSTEM KALAU ADA G-EDIT
· MEMBUAT MANIFEST
· NOUNCER PRA BOARDING DAN BOARDING
Petugas ini bertugas mengprin data manifes penumpang yang akan berangkat serta memberikan pengumuman seperti tetang kedatangan pesawat yang terlambat serta memberikan pengumuma tentang penumpang yang harus duluan masuk kedalam pesawat dan disesuaikan dengan warna boardig cardnya.Seperti penumpang yang butuh penanganan khusus “sakit” kemudian kelas bisnis lalu penumpang yang boarding cardny berwarna merah, biru,hijau dan yang terakhir berwarna coklat

3.STAFF CHECK GATE
· HARUS MENDAHULUKAN PENUMPANG PRIORITY, BISNIS, PENUMPANG BAWA BAYI ATAU ANAK KECIL, IBU HAMIL, WCHR,WCHC
· BARU SESUSAI DENGAN WARNA STIKER

4.STAFF HAND COUNTER
· TUGASNYA MENHITUNG DAN MEMISAHKAN PENUMPANG BISNIS DAN EKONOMI AGAR BOARDING BERJALAN LANCAR
Petugas ini biasanya berjumlah dua orang petugas karena selain bertugas mengumpulkan boarding card penumpang yang akan masuk kedalam pesawat, petugas yang satunya lagi bertugas menghitung jumlah penumpang dengan alat penghitung agar jumlah dari awal hingga penumpang yang berangkat sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here