Beranda Staff penerbangan Tugas staff penerbangan pspp

Tugas staff penerbangan pspp

3148
0
BERBAGI

Tugas staff penerbangan  pspp atau Ground Staff  adalah memberikan pelayanan kepada passanger baik pelayanan sebelum keberangkatan (Pre Flight Service) maupun Pelayanan sesudah penerbangan (After Flight Service).

Tugas staff penerbangan pspp
Tugas staff penerbangan pspp

Berikut beberapa jenis pekerjaan dari tugas   staff penerbangan /Ground Staff:

  1. Cargo Handling
  2. Ticketing officer
  3. Check in counter
  4. Boarding Gate

Tugas staff penerbangan pspp /Ground Staff

Penjelasan dari jenis pekerjaan/ Tugas staff penerbangan atau ground staff beserta proses pekerjaannya.

Cargo Handling

Suatu rangkaian proses pekerjaan penyelesaian kargo saat mulai diterima sampai dimuat ke dalam pesawat untuk diangkut dari suatu kota ke kota lain di dalam dan luar negeri.

– Proses pekerjaan antara lain:

  • Penerimaan (Acceptance).
  • Timbang barang.
  • Pembuatan Dokumen Angkut (Documentation).
  • Build-up / Break-down dari dan pallet/container atau gerobak.
  • Penarikan dari gudang ke pesawat dan sebaliknya.
  • Loading ke pesawat dan unloading dari pesawat.
  • Penyimpanan (storage).
  • Pengiriman (delivery)

Ticketing officer

personil staff penerbangan yang mengurusi seluruh bidang teknis terkait dengan mekanisme pemesanan, pembayaran, dan pendistribusian seluruh tiket.

-Proses pekerjaannya antara lain:

  • Menangani penjualan tiket
  • Menangani booking tiket

Check in Counter

Tempat melapor nya penumpang yang ingin menggunakan jasa penerbangan.

-Proses pekerjaannya antara lain:

  • Mengecek validity tiket, tanggal penerbangan, rute penerbangan dan kelas penerbangan
  • Mencocokkan tiket dengan dokumen penumpang seperti KTP, PASPORT atau SIM
  • Mengecek bagasi, menimbang dan menempelkan label bagasi serta memberikan claim tag kepada penumpang
  • Menangani access bagage
  • Menerbitkan boarding pass
  • Menangani penumpang GO SHOW

Boarding gate

Personil yang melayani penumpang selama berada di boarding lounge.

  • Menyobek Flight Coupon
  • Menginformasikan boarding time
  • Memandu penumpang menuju pesawat yang sesuai dengan penerbangannya

Dari seluruh bagian diatas hampir semuanya mempunyai syarat sama dalam perekrutannya juga dalam masa pendidikannya. Syarat pendidikan tugas staff penerbangan pspp antara lain sebagai berikut:

  • WNI berusia 18-22 tahun, belum pernah menikah
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Pendidikan min. SMU/SMK/sederajat
  • Tinggi badan pria min. 165 cm wanita min. 156cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh     proporsional;
  • Tidak mengenakan kacamata (lensa kontak diperkenankan, maks. minus -3,00, silindris C-100;
Baca Juga  Formulir Pendaftaran PSPP Jakarta 2024/2025

Masa pendidikan staff penerbangan atau ground staff adalah 6 bulan, dengan pembagian 4 bulan teori kelas dan 2 bulan OJT.

Lebih detailnya tugas staff penerbangan bertanggung jawab untuk menolong serta melayani penumpang pada waktu sistem penjualan tiket, mengatasi bagasi penumpang, mengatasi kargo pesawat, lakukan loading serta unloading pesawat, menolong penumpang dalam sistem Check In, Boarding, serta Disembarking.

PSPP Penerbangan adalah salah satu kampus pendidikan staff pernerbangan terbaik saat ini. PSPP Penerbangan memiliki 4 kampus di 4 kota besar di Indonesia. Kampus pusat di Yogyakarta dengan kampus cabang Jakarta, Makassar serta Bandar Lampung. dengan AKREDITASI “A” PSPP Penerbangan telah berpengalaman meluluskan peserta didiknya siap kerja  dengan SDM tinggi.

Baca juga pendaftaran online PSPP Penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here